Friday 4 April 2014

Platypus

Platypus tidak sama dengan hewan mamlia lain seperti kucing, anjing, atau beruang. Hewan ini justru bertelur. Meskipun begitu, platypus tetap termasuk sebagai hewan mamalia sebab ia menyusui anaknya. Platypus tergolong hewan semi-akuatik, ia dapat hidup di dua tempat sekaligus. Mempunyai empat kaki yang bercakar dan berselaput. Dengan cakarnya ia dapat berjalan di darat dan dengan selaputnya ia dapat berenang di air. Biasanya platypus ini tinggal didalam terowongan tanah yang digalinya sendiri. Biasanya ia tinggal di kaki gunung, sungai, dan danau

Hewan ini banyak dijumpai di Benua Australia, tepatnya di bagian New South Wales. Berat tubuh platypus sekitar 1-2 kg. yang lebih unik lagi adalah platypus ini ternyata berbisa tapi bisa itu hanya digunakan untuk pertahanan diri saat diserang musuh, tujuannya agar daerah kekuasaanya tidak diambil.


Bisa platypus terletak dibelakang kakinya, dan hanya platypus jantan yang memiliki bisa. Jika diperhatikan, paruh hewan ini mirip seperti dengan bebek. Oleh Karen itu ia juga dikenal dengan nama duck-billed platypus. Badannya panjang, berekor, dan ditumbuhi bulu berwarna cokelat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More