Friday 22 June 2012

Pengalaman Tentang: "Manusia dan Keadilan di Negara kita"

Keadilan dapat didefinisikan sebagai landasan suatu kebenaran terhadap terhadap suatu hal, baik terhadap manusia maupun terhadap benda. Keadilan juga harus memiliki suatu keseimbangan antara hak dan kewajiban. Kata keadilan memiliki berbagai macam definisi menurut persepsi masing-masing.  Apabila kita membahas mengenai dua titik perbedaan, kemungkinan besar akan terbesat bentuk ketidakadilan baik dalam segi penilaian atau dalam segi realita dikehidupan secara langsung.  Disini saya akan lebih membahas mengenai gambaran keadilan hukum di Indonesia.

keadilan dan hukum merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Lalu apa hukum itu? Dari artikel wikipedia yang saya baca, Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakatterhadap kriminalisasi dalam hukum pidana.

Keadilan merupakan hal yang mendasar bagi bekerja nya suatu sistem hukum. Sistem hukum ini merupakan struktur untuk mencapai konsep keadilan yang disepakati bersama.

Lalu bagaimana dengan keadilan hukum di negara kita Indonesia? Entah saya harus berkomentar apalagi, karena topik ini mungkin sudah menjamur karena sudah terlalu sering kita jumpai atas permasalahan negara kita. Ya! Hukum! Berbagai pernyataan negatif tentang sistem hukum dan keadilan hukum Indonesia bukanlah pernyataan yang lahir begitu saja, tetapi memiliki alasan, lahir dari berbagai permasalahan hukum dan ungkapan perasaan tidak puas atas fakta-fakta yang terjadi di tengah penegakkan hukum. Banyak sekali kasus terjadi dan penyelesaiannya pun masih sangat jauh dari harapan kehidupan bangsa di negara hukum ini.

 Banyak kasus yang marak terjadi karena tidak adanya keadilan hukum. Tentu kita jelas mengetahui tentang berbagai kasus korupsi di negara kita. Dan ya! Untuk mengatasi hal ini saja pemerintah tidak gesit untuk menyelesaikannya, dan bahkan belum ada yang terselesaikan secara murni. Mungkin saya bukanlah orang yang terlalu tahu dan mengerti akan hukum. Tidak seharusnya pula saya menjudge dan memiliki persepsi buruk tentang hukum dan penegak hukum di negara kita. Tapi untuk fakta-fakta yang terjadi dan sudah jelas terlihat.  Kita hidup di negara hukum tapi pelaksanaan, keutuhan dan keadilan hukum tidak berjalan sesuai dengan semestinya.

Lebih ironis lagi ketika kita mendengar kasus pelanggaran yang di lakukan oleh rakyat kecil, ia harus mendapatkan hukuman, di sisi lain banyak sekali koruptor yang jelas-jalas mengambil uang dan hak rakyat tetapi susah sekali untuk di hukum, di pikirin dulu, di pertimbangkan dulu, di lama-lamain, dan berbagai penyelesaian bertele-tele tapi berujung tetap merajalela para koruptor tersebut.

Terlalu banyak permasalahan hukum yang terjadi. Lalu siapa yang harus disalahkan? Jawabannya tergantung masing-masing dari kalian. Tentu kita sebagai generasi muda dan sebagai warga Indonesia ingin negara kita menjadi negara yang tentram dan benar-benar menegakkan hukum sesuai dengan apa yang disebutkan bahwa Indonesia adalah NEGARA HUKUM. Kita semua ingin adanya keadilan hukum yang setegak-tegaknya. Kita sadar bahwa kurangnya keadilan hukum di negara kita. Hukum di negara kita sangat perlu untuk dibenahi.

Terus apa yang kita harus lakukan? Tidak selalu untuk meminta keadilan hukum dengan melakukan demonstrasi, apalagi jika sampai melakukan tindakan anarkis. Di mulai dari diri sendiri untuk tidak melanggar aturan hukum. Kita lakukan semestinya peran kita sebagai generasi muda, sampai nanti kita sendiri yang akan membenahi negara kita dengan HUKUM yang baik dan benar-benar ditegakkan. Diharapkan pula bagi para petinggi negara untuk tidak memikirkan diri sendiri dan dapat merasakan apa yang dirasakan oleh warga yang masih memerlukan bantuan. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More