Friday 22 June 2012

Manusia dan Pandangan Hidup

Definisi Pandangan hidup dan Ideologi
menurut saya pandangan hidup adalah cara bagaiman seorang individu menentukan arah masa depannya , tujuan hidupnya dan perkembangan dirinya di masa depan. orang yang memiliki pandangan hidup berarti orang yang memiliki tujuan hidup , kemana masa depannya dan memiliki sebuah arahan terhadap dirinya di masa yang akan datang.
sumber-sumber pandangan hidup itu sendiri dapat terbagi menjadi 2 yaitu :
1. pandangan hidup menurut agama
merupakan pandangan hidup dimana nilai-nilai yang diajarkan merupakan kebenaran yang pasti
2. pandangan hidup menurut ideologi
merupakan pandangan hidup dimana nilai-nilai yang diajarkan merupakan norma-norma yang mutlak
ideologi menurut saya adalah kumpulan dari beberapa ide atau gagasan yang apabila di kumpulkan menjadi sebuah peraturan yang dapat digunakan untuk diri sendiri atau bangsa.
sedangkan hak-hak ideologi itu ada banyak , seperti :
1. ideologi pancasila
2. ideologi komunisme
3. ideologi kapitalisme

Definisi Cita-Cita
menurut saya cita-cita itu hampir sama seperti pandangan hidup , bedanya cita-cita tersebut sudah terpikirkan oleh hampir semua individu sejak dari kecil.
contoh cita-cita
seperti halnya saat kita menannyakan kepada seorang anak kecil "mau jadi apa jika sudah besar nanti dek ?" dan anak itupun menjawab "jadi dokter" dengan menyebutkan "jadi dokter" itu pun mereka sudah memiliki sebuah cita-cita di saat nanti mereka dewasa.

Definisi Kebajikan dan Makna dari Kebajikan
menurut saya kebajikan itu sendiri adalah suatu pola pikir seorang individu apakah individu tersebut ingin berbuat baik atau tidak ? seperti contohnya kebajikan dalam bersosialisasi dimana seorang individu bersikap baik terhadap temannya di sekolah yang sedang sakit dengan membantunnya.
makna kebajikan itu sendiri adalah suatu niatan dari seorang individu untuk berbuat baik , bijak , jujur ataupun tolong menolong terhadap sesama individu.
Faktor-faktor yang menentukan tingkah-laku seperti :
1. faktor lingkungan sosial
2. faktor keluarga
3. faktor ekonomi

Definisi Usaha / Perjuangan
menurut saya sendiri usaha adalah suatu kegiatan yang di lakukan individu untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan , seperti usaha untuk menjadi ranking 1 dalam kegiatan sekolah dengan melakukan kegiatan belajar yang rajin dan giat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More