Sunday 30 October 2011

Jenis File UNIX

Untuk file normal dalam sistem file, Unix tidak memaksakan atau memberikan struktur file internal. Ini berarti bahwa dari sudut pandangsistem operasi , hanya ada satu jenis file.
Struktur dan interpretasi daripadanya adalah sepenuhnya tergantung pada bagaimana file yang ditafsirkan oleh perangkat lunak.
Unix Namun tidak memiliki beberapa file khusus. File-file khusus dapat diidentifikasi oleh ls -l perintah yang menampilkan jenis file dalam huruf abjad pertama dari berkas sistem perizinan lapangan. Sebuah file normal ditunjukkan oleh tanda hubung (' - ').

File Reguler
Menjadi file entitas diketahui adalah, file tersebut juga disebut "file biasa" untuk membedakan mereka dari "file khusus". Mereka muncul di ls-l tanpa karakter tertentu dalam bidang modus:
 $ Ls-dl / etc / passwd
 - Rw-r - r - ...  / Etc / passwd

Direktori
File khusus yang paling umum adalah direktori. Tata letak dari file direktori didefinisikan oleh filesystem yang digunakan. Seperti beberapa filesystem, baik yang asli dan tidak asli, tersedia di bawah Unix, tidak ada satu direktori letak file.
Direktori adalah ditandai dengan d sebagai huruf pertama di bidang modus dalam output dari ` ls -dl `atau` stat `, misalnya
 $ Ls-dl /
 d rwxr-xr-x 26 root root 4096 September 22 09:29 /

 $ Stat /
   File: "/"
   Ukuran: 4096 Blocks: 8 IO Block: 4096 direktori
 Perangkat: inode 802h/2050d: 128 Link: 26
 Akses: (0755 / d rwxr-xr-x) Uid: (0 / root) gid: (0 / root)
 ...



link simbolik
Sebuah link simbolik adalah referensi ke file lain. Ini file khusus disimpan sebagai representasi tekstual dari jalan file direferensikan (yang berarti tujuan mungkin path relatif, atau mungkin tidak ada sama sekali).
Sebuah link simbolik ditandai dengan l (L huruf kecil) sebagai huruf pertama dari string modus, misalnya
 l rwxrwxrwx ...  termcap -> / usr / share / misc / termcap
 l rwxrwxrwx ...  S03xinetd -> .. / init.d / xinetd

Dinamakan pipa
Salah satu kekuatan Unix selalu interprocess komunikasi. Di antara fasilitas yang disediakan oleh OS adalah pipa yang disebut. Pipa ini menghubungkan output dari satu proses Unix ke input lain. Ini bagus jika kedua proses hidup dalam ruang proses induk yang sama, dimulai oleh pengguna yang sama. Namun ada situasi di mana proses komunikasi harus menggunakan pipa bernama. Satu keadaan tersebut adalah bahwa proses harus dijalankan dengan nama pengguna yang berbeda dan perizinan.
Ini adalah file pipa bernama khusus yang bisa ada di mana saja di sistem file. File-file pipa bernama khusus dibuat dengan perintah mkfifoseperti di mkfifo mypipe .
Sebuah pipa bernama ditandai dengan p sebagai huruf pertama dari string modus, misalnya
 p rw-rw ---- ...  mypipe

Socket
Sebuah socket adalah file khusus yang digunakan untuk antar-proses komunikasi . Ini memungkinkan komunikasi antara dua proses. Selain mengirim data, proses dapat mengirim file deskriptor di koneksi domain socket Unix menggunakan sendmsg () dan recvmsg () system calls.
Tidak seperti soket pipa bernama sepenuhnya dupleks-mampu.
Sebuah socket ditandai dengan kode s sebagai huruf pertama dari string modus, misalnya
 s rwxrwxrwx ...  / Tmp/.X11-unix/X0


File Perangkat
Dalam Unix hampir semua hal ditangani sebagai file dan memiliki lokasi dalam sistem file - perangkat keras bahkan seperti hard drive.Pengecualian besar untuk perangkat dan file yang mewakili mereka adalah perangkat jaringan yang tidak muncul di sistem file tetapi akan ditangani secara terpisah.
File device yang digunakan untuk menerapkan hak akses dan untuk mengarahkan operasi pada file untuk driver perangkat yang sesuai.
Unix membuat perbedaan antara perangkat karakter dan block device. Perbedaan ini kira-kira sebagai berikut:
§  devices karakter hanya memberikan aliran serial input atau output;
§  block device diakses secara acak;
meskipun, misalnya, partisi disk mungkin memiliki perangkat karakter kedua yang menyediakan akses acak unbuffered ke blok pada perangkat partisi dan blok yang menyediakan akses acak buffer untuk blok pada partisi.
Sebuah perangkat karakter ditandai dengan c sebagai huruf pertama dari string modus. Demikian juga, sebuah perangkat block ditandai dengan b, misalnya
 c rw ------- ... / dev / null
 b rw-rw ---- ... / dev / sda

Pintu
Pintu adalah sebuah file khusus untuk antar-proses komunikasi antara klien dan server, saat ini diimplementasikan di Sun Solaris sistem operasi saja.
Sebuah pintu ditandai dengan (huruf besar) D sebagai huruf pertama dari string modus, misalnya
 D r - r - r - ...  name_service_door

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More