Friday 4 April 2014

Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu perhiasan indah Kota Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini masih belum asli, belum banyak bangunan berdiri di sekelilingnya. Bahkan, perlu kesabaran untuk mendatangi lokasinya. Sebab, jalan menuju kemari cukup sempit, penuh tanjakan, dan kelokan tajam. Bagi yang suka keindahan alam, justru perjalanan ini akan menjadi tantangan yang menyenangkan.


Pantai klayar terkenal akan seruling lautnya yang dahulu disebut dengan batu mancur. Tetapi jangan membayangkan bentuknya seperti seruling. Seruling laut sebenarnya adalah sebuah lubang yang terletak diats punggung gugusan karang yang disebut Tompak. Tompak ini membentang di bagian timur pantai dan berfungsi sebagai benteng dari gempuran ombak. Bagian bawah bukit karang ini berongga hingga tembus ke bagian atas. Jika ombak sedang sangat besar dan kuat, air akan menyembur ke udara melalui rongga dari lubang itu. Saking kerasnya hantaman ombak, air yang menyembur ke udara lewat lubang itu sampai menimbulkan bunyi seperti siulan.

Pantai klayar memang terkenal akan ombaknya yang ganas terutama ombak di sekitar Tompak. Karena itu, pengunjung harus ditemani pemandu jika ingin naik ke Tompak. Karena sudah banyak orang yang hilang karena ditelan gulungan ombak.

Di sebelah barat pantai, ada tebing karang yang cukup tinggi dan menjorok ke laut. Bagian tengah karang ini berlubang, sehingga menyerupai jendela yang sangat besar. Saat senja turun, karang ini sangat indah bagi yang ingin mengabadikan momen indah karena langit di ufuk terlihat kemerahan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More