Tuesday 15 October 2013

Sempu Island

Pulau Sempu (Segara Anakan), mungkin belom banyak orang yang tau tentang pulau ini, bahkan masih asing di telinga orang-orang ya. Namun, bagi wisatawan yang pernah dateng ke kota Malang akhir-akhir ini,  nama gak akan asing lagi. Karena, bisa dikatakan bahwa pulau itu saat ini adalah primadona baru tempat wisata di kota Malang. Pulau Sempu bisa dikatakan sebuah laguna yang tersembunyi, ada sebuah danau alami loh yang ada di tengah-tengah pulaunya. Danau ini terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Tapi kita kalo mau ke danau itu perlu waktu 2-3 jam nih dari tempat kita turun perahu. Kayaknya bikin capek ya, tapi buat para pencinta alam pasti ini udah biasa dong. Selain itu, pasir yang terdapat di Pulau Sempu sangatlah bersih dan lembut.

Lokasi Pulau Sempu ada di Pantai (Tempat Pelelangan Ikan) Sendang Biru Kabupaten Malang (Malang Selatan), Propinsi Jawa Timur. Untuk ke Pulau itu dari kota Malang kita disarankan membawa kendaraan pribadi roda empat nih karena jarak dari kota Malang menuju Pulau Sempu sekitar 69 km. Perjalanan yang cukup melelahkan kayaknya ya.

Dari pantai itu kalo kita mau menyeberang ke Pulau Sempu (Segara Anakan), maka harus minta izin dulu nih di Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu, yang lokasinya gak jauh kok dari tempat penitipan kendaraan. Buat pengunjung yang belom pernah sama sekali ke pulau ini, sangat disarankan untuk menyewa seorang Guide, yang akan menuntun hingga ke Segara Anakan biar kita gak nyasar di Pulau Sempu itu karena pulaunya sepi. Setelah mengurus perizinan kita harus nyewa perahu boat yang berbiaya sekitar 150 ribu untuk sampai Pulau Sempu. Jangan lupa, untuk minta nomor hp ke nelayan yang mengantar kita  untuk kita hubungi lagi ketika kita udah mau pulang agar  dijemput di tepi Pantai Pulau Sempu.

Gimana para pecinta alam atau yang mau nyoba-nyoba nambah pengalaman? Udah ada rencana mau kesana?
Yang terpenting sih jaga kesehatan sebelum pergi dan selalu jaga kebersihan di pulau itu karena pulaunya masih bersih banget. Oke selamat berpetualang kesana ya...

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More