Monday 6 May 2013

Struktur Pasar (Resume)


Saya akan membuat resume kelompok 4 yang sudah dipresentasikan oleh kelompok tersebut. Kelompok 4 membahas tentang “Struktur Pasar”. Kita harus tahu apa arti dari Pasar itu sendiri. Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Struktur pasar adalah suatu struktur atau tata cara sebuah pasar itu berjalan.

Biasanya di setiap pasar ada struktur yang diberlakukan agar pasar tersebut terlihat lebih rapi dan tersruktur. Seperti pada pasar tradisional, pasar tersebut sekarang sudah dikelola oleh pemerintah. Struktur dari pasar tradisional biasanya adalah membuat blok-blok agar para konsumen dapat dengan mudah mencari atau dalam ingin membeli. Tentunya juga agar terlihat lebih rapi.

Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu produsen yang menguasai suatu permintaan banyaknya konsumen atau pembeli. Yang termasuk dalam pasar monopoli salah satunya adalah PLN.  PLN hanya berdiri sendiri dan tanpa ada pihak swasta, PLN dipegang oleh pemerintah hanyalah sebuah perusahaan yang berdiri untuk subsidi masyarakat.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More