Saturday 3 May 2014

Kadal Spiderman


Nama sebenarnya adalah kadal Kepala Datar Mwanza agama (Mwanza Flat-headed Rock Agama). Tetpai kadal tersebut lebih popular dengan sebutan Kadal Spiderman. Karena warna kulit para kadal jantan dari jenis ini setengah merah atau ungu dan setengah lagi berwarna biru. Kadal ini juga bisa merambati dinding seperti spiderman tetapi tentunya tidak bisa melepaskan jarring dari tangannya. Kadal ini berasal dari Afrika, dia banyak ditemukan di Tanzania, Rwanda dan Kenya. Disana kadal spiderman dipercaya sebagai keberuntungan.


Kadal spiderman senang tinggal berkelompok bersama kadal yang lain. Pada saat hari panas, kadal tersebut akan berjemur di sela bebatuan sambil berburu mangsa. Makananya adalah belalang, jangkrik, dan serangga kecil lainnya. Tetapi mereka suka memakan beberapa jenis daun dan buah. Bahkan telur kadal lain yang lebih kecil juga terkadang menjadi makanannya. Kadal ini bisa bertahan hingga 15 tahun jika lingkungannya mendukung untuk kelangsungan hidupnya.


Terkadang kadal spiderman ini bisa berubah warna dengan perubahan warna cerahnya menjadi berwarna cokelat pada malam hari atau saat sedang ketakutan, tergantung suasana hatinya. Misalnya sedang berantem, kulitnya bisa berubah cokelat juga, sementara di tubuhnya muncul bintik-bintik putih. Berbeda dengan para jantan yang mirip spiderman dan bisa berubah warna, kadal betina jenis ini punya warna biasa yaitu cokelat. Kadal betina tidak terlihat istimewa dibandingkan kadal-kadal jenis lain.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More