Saturday 3 May 2014

Pulau Kucing

Di pulau ini suara kucing mungkin akan lebih sering didengar daripada suara manusia. Pulau kucing namanya. Pulau kucing adalah sebutan untuk Pulau Tashirojima. Pulau itu termasuk bagian dari Kota Ishinomaki di Prefektur Miyagi, Jepang. Tashirojima disebut pulau kucing karena jumlah kucing di sana lebih banyak dari jumlah manusianya.


Penduduk di sana diperkirakan berjumlah 100 orang, berarti jumlah kucingnya lebih dari 100 ekor. Kenapa bisa banyak sekali kucingnya? Konon dulu penduduknya berternak ulat sutera. Nah..supaya ulat suteranya aman dari tikus, makanya mereka memelihara kucing. Sebagian besar penduduk Tashirojima berumur 65 tahun keatas. Kakek dan nenek itu kebanyakan bekerja sebagai nelayan. Hasil laut Tashirojima yang khas adalah tiram. Kucing-kucing ini mendapat makan dari para nelayan. Penduduk di sana percaya bahwa kalau memberi makan kucing, mereka akan mendapatkan keberuntungan. Heemmm pantas saja, meski kucing-kucing liar, mereka tampak sehat.



Di tengah Pulau Tashirojima ada sebuah kuil kucing. Konon kuil itu didirikan para nelayan sekitar seratus tahun lalu. ketika itu, para nelayan dari daerah lain sering singgah ke Tashirojima. Mereka lalu berteman dengan kucing-kucing di sana. Suatu hari, ketika para nelayan sedang mengumpulkan batu-batuan, seekor kucing mati tertimpa batu. Para nelayan merasa kasihan sehingga mendirikan kuil kucing di tempat kucing yang mati itu. selain kuil, di Pulau Tashirojima juga ada bangunan-bangunan berbentuk kucing. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More