Sunday 8 June 2014

“PENGARUH HANDPHONE TERHADAP ANAK-ANAK”

BAB I PENDAHULUAN
            1.1              Latar Belakang Masalah
Belakangan ini, seiring perkembangan jaman dan teknologi di era globalisasi yang tengah ramai di masyarakat kita mengenai perkembangan teknologi informasi di kalangan sosial masyarakat yaitu penggunan handphone.
Handpone adalah alat komunikasi yang menghubungkan seseorang di berbagai daerah (komunikasi jarak jauh). Handphone saat ini penggunaannya sangat diperlukan oleh semua kalangan dan bermanfaat dalam hubungan sosial masyarakat.
Handphone saat ini sangat mudah didapat karena harga yang ditawarkan beragam. Dengan ini, kini handphone telah digunakan bukan hanya untuk kalangan menengah ke atas, tapi juga kalangan menengah ke bawah. Bukan hanya orang dewasa dan remaja, tetapi anak-anak juga telah menggunakan handphone. Karena handphone kegunaannya sangat dibutuhkan dalam komunikasi di bidang sosial budaya kita.
Berdasarkan atas informasi yang didapat, penulis ingin mengetahui apakah penggunaan handphone sangat berfungsi bagi masyarakat terutama anak-anak yang sedang berkembang secara mentorik dan komunikasinya di lingkungan sosial budayanya.
            1.2              Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh dari handphone, antara lain: dampak positif, dampak negatif terhadap anak tersebut.
            1.3              Batasan Masalah
Penulis membatasi permasalahan tentang teknologi informasi yaitu handphone di lingkungan masyarakat sosial di semua kalangan terutama pada anak-anak. Dan juga akan membahas dampak positif dan dampak negative dari permasalahan tersebut.
            1.4              Rumusan Masalah
Masalah yang akan dirumuskan penulis adalah sebagai berikut:
1. Apakah teknologi informasi berupa handpone berfungsi di semua kalangan terutama anak-anak?
2. Apa dampak positif dan negatif pengaruh handphone saat ini yang menawarkan aplikasi menarik bagi semua kalangan dan anak-anak?
             1.5              Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui fungsi handphone di kalangan masyarakat di bidang sosial budaya terutama untuk anak-anak.
2. Untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif pada anak karena terlalu sering menggunakan handphone.
             1.6              Manfaat dan Kegunaan Penelitian
1.  Menambah  pengetahuan khususnya bagi penulis dalam hal penelitian. 
2. Mengetahui  hubungan sosial budaya dengan teknologi informasi terutama handphone yang saat ini sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.

BAB 2 LANDASAN TEORI
            2.1              Pengertian Handphone
Handphone adalah perangkat keras bersifat organisatoris, dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses, dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain.
Handphone atau biasa disebut telepon selular merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional salutaran tetap, tetapi handphone bias dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.Pada tahun 1910 adalah cikal bakal telepon seluler yang ditemukan oleh Lars Magnus Ericsson, yang merupakan pendiri perusahaan Ericsson yang kini di kenal dengan perusahaan Sony Ericsson. Pada awalnya, orang Swedia ini medirikan perusahaan Ericsson memfokuskan terhadap bidang bisnis perlaan telegraf, dan perusahaanya juga tidak terlalu besar pada waktu itu.Pada tahun 1921 pertama kalinya Departemen Kepolisian Detroit Michigan menggunakan teleopn mobile yang terpasang di semua mobil polisi dengan menggunakan freuensi 2 MHz.
Handphone merupakan media komunikasi antar pribadi,sejak ditemukannya teknologi selular,penggunaan telepon genggam (handphone) semakin marak di kalangan pengusaha,ibu-ibu,mahasiswa sampai anak usia sekolah. Selain itu kelebihandalam kecepatan pengiriman dan penerimaan pesan, handphone juga semakin murah biayanya.
Sistem pengiriman pesan pendek SMS(short message system)diperkenalkan oleh para penyedia jasa telekomunikasi,penggunaan telepon genggam meningkat secara tajam dikalangan masyarakat. Selain karna pengiriman SMS sangat murah,juga semakin interaktif mulai dari pesan yang lucu,mengharukan,ancaman sampai pada pesan cinta, bisnis ,politik. Telepon juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi pada hal-hal tertentu yang sulit dilakukan dalm situasi tatap muka,misalnya penagihan utang,penawaran,dan penolakan terhadap sesuatu.
            2.2              Lingkungan sosial
Lingkungan sosial adalah suatu tempat dimana semua masyarakat dapat berinteraksi dengan orang di sekitarnya  dan menciptakan suatu kesenjangan hidup antara beragam kebudayaan demi mewujudkan lingkungan yang damai.
            2.3              Masyarakat
Masyarakat adalah sekumpulan orang yang mendiami suatu wilayah dan saling berinteraksi dengan lingkungannya.
            2.4              Anak-anak
Anak-anak adalah balita yang umurnya dibawah dari 12 tahun ke bawah. anak-anak masih memiliki daya ingat yang tinggi, dan mereka mudah cepat menangkap semua informasi yang diberikan kepadanya.
            2.5              Dampak Positif dan Negatif
2.5.1        Dampak Postif Penggunaan Handphone
a.                   Untuk mencari informasi-informasi yang terbaru
b.                   Membangun relasi dengan teman
c.                   Membangun kreatifitas anak

2.5.2        Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak
a.                   Kemajuan teknologi berpotensi membuat anak cepat puas
b.                  Kemajuan teknologi membawa banyak kemudahan maka tidak tahan dengan kesulitan
c.                   Kemajuan teknologi juga akan mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal
d.                  Konsentrasi menurun
            2.6              Hipotesis
Handphone pasti akan sangat berpengaruh pada anak. Contohnya penggunaan handphone akan berpengaruh pada psikologi anak dan akan terus ketergantungan terhadap handphone .

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN
      3.1  Tempat & Waktu Penelitian
1.      Tempat Penelitian
SDN 03 Pagi, Jl. Langgar.
2.      Waktu
Senin, 12 Mei 2014. Jam 09:00-Selesai.

            3.2              Metode Penelitian
            3.2.1        Teknik Pengumpulan data
a. Studi Kepustakaan
Dengan teknik ini diharapkan akan terangkat teoritik yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.
b. Metode Observasi
Yaitu cara pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan langsung, terhadap yang diteliti.
c.    Wawancara
Secara definitive wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya Jawab, sambil bertatap muka antara peneliti dengan informan dengan menggunakan alat yang di namakan interview guide (panduan wawancara).

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More