Friday 4 April 2014

Bajak Laut dari Saint Malo

Saint Malo adalah sebuah kota pelabuhan yang masuk wilayah Bretegne di Prancis bagian barat. Kota ini dikelilingi oleh tembok raksasa. Dulu tembok ini berfungsi untuk mengamankan kota di zaman perang, selain itu tembok ini juga melindungi kota dari serangan badai yang sering menerjang saat perairan pasang.

Memasuki Saint Malo, pemandangan kapal-kapal dengan tiang-tiang tinggi menyambut kita. Mkalau sedang masa liburan, kita bisa mecoba naik kapal bajak laut yang besar dan gagah yang diberi nama Etoile du Roy. Kapal itu masih berlayar sebagai kapal sewaan. Setiap musim liburan anak sekolah di sekitar bulan Juli-Agustus, kapal itu akan bersandar di pelabuhan, pengunjung boleh masuk dan menjelajah kapal itu.

Dulu, Saint Malo memang terkenal sebagai kota bajak laut. Namun, para bajak laut yang dulu tinggal di kota ini, tidak mau disebut sebagai bajak laut biasa (pirates). Mereka adalah bajak laut resmi kerajaan (corsaire). Mereka membajak kapal dan seluruh hartanya untuk kepentingan Kerajaan Prancis.


Biasanya, yang dibajak adalah kapal-kapal asing yang menjadi musuh kerajaan waktu itu, misalnya kapal-kapal kerajaan Inggris atau Spanyol. Karena para bajak laut ini bekerja untuk kerajaan, tentu saja taka da yang menagkap mereka. Padahal, kalau bajak laut biasa tertangkap, akan dihukum gantung.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More