Monday 6 May 2013

Penentuan Harga Penawaran dan Permintaan (Resume)


Oke sekarang saya akan membuat resume dari pembahasan yang sudah kelompok saya presentasikan. Kelompok saya mempresentasikan tentang “Penentuan Harga Penawaran dan Permintaan”.

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Dalam permintaan ada hukum yang terjadi. Bunyi hukum tersebut adalah apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Contoh yang bisa kita ambil adalah jika harga beras melambung tinggi maka masyarakat yang tidak mampu membelinya akan menggatinya dengan singkong atau yang lainnya yang harganya relative lebih murah
.
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Bunyi hukum permintaan adalah bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Contohnya jika banyak permintaan pada sejumlah barang maka harga tersebut akan melonjak secara dratis karena permintaan pun melonjak begitu pula sebaliknya.
Tanggapan saya adalah permintaan dan penawaran pasti akan terjadi. Jika harga barang tersebut tinggi makan permintaan barang tersebut tentunya akan menurun. Tetapi jika tingkat barangnya mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan juga tentunya akan naik.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More