Monday 29 April 2013

Backpass


Yang suka main sepakbola ataupun main futsal perlu baca ini nih, karena seringkali peraturan ini diabaikan dalam bermain atau pun dalam latihan. Saya pernah lupa juga soalnya.haha... kita harus membiasakan ini dalam latihan agar terbiasa dalam pertandingan-pertandingan yang resmi.

Backpass adalah sebuah kondisi dimana pemain memberikan bola kepada kiper. Menurut aturan FIFA, Backpass dapat menjadi pelanggaran apabila kiper menangkap bola dengan tangan umpan menggunakan kaki teman satu timnya( Jadi kalo pake kepala atau badan boleh ditangkep, tapi jangan tangan loh, entar handball .

Jika seorang kiper melakukan ini, maka akan diberi hadiah TENDANGAN BEBAS TIDAK LANGSUNG (indirect free kick) yaitu tendangan yang tidak boleh diarahkan langsung ke gawang, tapi harus diumpan ke teman dulu dari tempat kejadian pelanggaran.

Tahukah agan agan bahwa di era sebelum tahun 1990 peraturan ini belum ada. Jadi setiap tim di piala dunia sering melakukan ini untuk strategi bertahan dan juga mengulur ngulur waktu. Bahkan waktu piala dunia 1990, Pat Bonner, kiper Irlandia menahan bola 6 menit dengan cara menggiring bola mengitari kotak penalti lalu kembali memegangnya.

Adalah piala dunia tahun 1990, yang dikenal sebagai piala dunia yang paling tidak atraktif, karena ke-24 tim yang ikut serta menampilkan penampilan yang sangat bertahan. Inilah Piala Dunia yang paling minim gol, tapi dengan kartu merah paling banyak. Hanya 115 gol tercipta dalam 52 pertandingan atau rata-rata 2,21 per pertandingan. Sedangkan wasit mengeluarkan 16 kartu merah dan 164 kartu kuning atau rata-rata 3,46 per pertandingan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More