BAB
I
PENDAHULUAN
Pengertian Organisasi
Beberapa tokoh memberikan pengertian mengenai
organisasi, yaitu:
1. Menurut
Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang
melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manager mengejar tujuan bersama.
2. Menurut
Jame D. Mooney organisasi adalah bentuk setiap perserikatan
manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Menurut
Chester I. Bernard organisasi merupakan suatu sistem aktifitas
kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Menurut
Stephen P. Robbins organisasi adalah kesatuan social yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk
mencapai tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
5. Menurut
Paul Preston dan Thomas Zimmerer organisasi
adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang
bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Unsur-unsur Organisasi
Unsur dasar yang membentuk organisasi diantaranya
:
1. Anggota
Organisasi
Anggota organisasi adalah orang-orang yang
melakukan pekerjaan organisasi , membentuk organiasi serta terlibat dalam
kegiatan organisasi. Dalam kegiatan sehari-hari disebut pegawai atau personil
yang menurut fungsi dan tindakannya terdiri dari unsur pimpinan
sebagai unsur tertinggi dalam organisasi.
2. Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan
bantu-membantu dan dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
Oleh karena itu, semua anggota yang menurut tingkatannya dibedakan menjadi
administrator, manejer, dan pekerja.
3. Tujuan bersama
Tujuan merupakan sasaran yang dicapai. Tujuan
menggambarkan apa yang nanti akan dicapai yang merupakan titik akhir apa yang
harus dilakukan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai
melalui prosedur , program, kebijakan, strategi, dan peraturan-peraturan yang
telah di tetapkan. Dalam tujuan organisasi biasanya terdapat visi dam misi yang
dirumuskan oleh para anggota organisasi. Visi adalah pandangan atau citra para
anggota mengenai keadaan organisasinya dimasa depan dan tujuan apa yang mau
dicapai. Misi adalah tugas dasar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas
atau fungsi yang dibagikan kepada para anggota untuk dilaksanakan.
4. Peralatan
Salah satu unsur pembentuk organisasi adalah
peralatan yang terdiri dari sarana materi seperti kendaraan, mesin-mesin,
uang, gedung kantor, dsb.
5. Lingkungan
Faktor lingkungan misalnya keadaan social budaya,
ekonomi dan teknologi.
BAB
II
TEORI
Fungsi organizing ialah proses yang
ditempuh untuk menyusun atau membentuk suatu organisasi. Salah satu tugas
penting organisasi adalah menciptakan hubungan yang harmonis dalam suatu
kelompok yang terdiri dari berbagai individu dan berbagai macam kepentingan.
Hal ini tergambar dalam suatu struktur organisasi. bagan struktur organisasi
membantu menjelaskan struktur garis-garis wewenang, batas-batas wewenang dan
koordinasi antara satuan-satuan organisasi. bentuk bentuk organisasi ialah
organisasi garis, organisasi garis dan staff, organisasi fungsional.
Perbedaan antara organisasi
fungsional, organisasi garis dan organisasi garis & staff:
- organisasi fungsional
organisasi fungsional diciptakan
oleh E.W Taylor. ciri-ciri organnisasi fungsional adalah sebagai berikut:
1, setiap pimpinan dapat memberikan
perintah kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungan dengan fungsi atasan
tersebut.
2. setiap pimpinan dapat menerima
perintah dari pimpinan mana saja asal lebih tinggi kedudukannya
3. tidak terlalu menekankan pada
struktur hirarki
4. tanggung jawab pelaksanaan kepada
lebih dari satu pimpinan.
- organisasi garis
organisasi garis diciptakan oleh
Henry Fayol, ciri-ciri struktur oorganisasi garis adalah sebagai berikut:
1. organisasi masih kecil,praktis
dan sederhana
2. jumlah karyawan sedikit
3. pimpinan dan semua karyawan
saling mengenal
4. spesialisasi kerja belum tinggi
5. hanya mengenal satu komando
6. struktur organisasi sangat
sederhana
7. garis komando dari atas ke bawah,
sebaliknya tanggung jawab dari bawag ke atas
- organisasi garis dan staff
organisasi garis dan staff
diciptakan oleh Harrington Emerson , ciri-ciri organisasi garis dan staff ialah
sebagai berikut:
1. dipergunakan dalam organisasi
yang bersikap kompleks
2. daerah kerjanya luas, karyawannya
banyak
3. ada 2 kelompok karyawan, yaitu
kelompok staff sebagai penasihat dan kelompok garis sebagai pelaksana
4. mempunyai bidang-bidang yang
beraneka ragam dan rumit.
BAB III
PEMBAHASAN
Organisasi Fungsional
Stuktur fungsional membagi tugas
sesuai keahlian masing-masing dan manajer bertanggung jawab terhadap tugas
yang diberikan.Keuntungan organisasi fungsional adalah efisiensi. Selain itu
kegiatan yang sama dalamorganisasi disatukan sehingga lebih efektif.
Keuntungan-keuntungan
menggunakan organisasdi fungsional :
·
Spesialisasi
dapat dilakukan secara optimal
·
Para pegawai
bekerja sesuai ketrampilannya masing-masing
·
Produktivitas
dan efisiensi dapat ditingkatkan
·
Koordinasi
menyeluruh bisa dilaksanakan pada eselon atas, sehingga berjalan lancar dan
tertib
·
Solidaritas,
loyalitas, dan disiplin karyawan yang menjalankan fungsi yang sama biasanya
cukup tinggi.
·
Pembidangan
tugas menjadi jelas
Kelemahan-kelemahan
organisasi fungsional :
·
Pekerjaan
seringkali sangat membosankan
·
Sulit
mengadakan perpindahan karyawan/pegawai dari satu bagian ke bagian lain karena
pegawai hanya memperhatikan bidang spesialisasi sendiri saja
·
Sering ada
pegawai yang mementingkan bidangnya sendiri, sehingga koordinasi menyeluruh
sulit dan sukar dilakukan
0 comments:
Post a Comment