PENGANTAR TELEMATIKA
PROPOSAL
SISTEM PEMESANAN MAKANAN ONLINE RUMAH MAKAN "DAPUR KITA"
Disusun Oleh :
4KA06
KELOMPOK
1
AUDA INDAH RIANTI (19111188)
KARTIKA EKA PUTRI (17111830)
NICODEMUS KURNIAWAN (15111159)
RIO RIZKIJANDI
(16111254)
SHERRA ADIANTY. S (16111741)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
A.
Latar Belakang
Perkembangan teknologi saat ini
telah memberikan pengaruh yang
sangat besar bagi dunia
teknologi informasi dan telekomunikasi. Munculnya
beragam aplikasi memberikan pilihan
dalam peningkatan kinerja suatu
pekerjaan, baik yang besifat
dekstop based, web
based hingga yang sekarang
ini munculnya
aplikasi-aplikasi baru yang
berjalan dalam mobile
device/handphone.
Pemilihan mobile
device/handphone untuk salah satu
pengembangan aplikasi selain lebih
mudah dalam
pengoperasiannya, sifat dari
handphone yang fleksibel menjadi salah satu alasannya. Dapur Kita adalah
salah satu tempat rumah makan favorit
yang selalu khas menyajikan menu
menggunakan rasa pedas. Dapur Kita
yang ini termasuk tempat
makan yang sering
dikunjungi terutama anak muda.
Proses pemesanan disana dilakukan baik
secara langsung di
lokasi maupun secara tidak
langsung di lokasi tempat
pelanggan berada. Pencatatan pesanan pelanggan
secara langsung di lokasi
rumah makan disana
biasanya dilakukan dengan menggunakan
alat tulis seperti bolpoin
dan kertas atau menggunakan komputer
seperti yang terdapat pada
beberapa restoran cepat saji. Penggunaan media alat tulis dan kertas untuk pemesanan
makanan dan minuman di
restoran cepat saji
masih digunakan sampai saat
ini namun banyak
menemui kendala-kendala
antara lain adanya pemesanan yang rangkap (redudansi),
tidak urutnya pembuatan pemesanan
akibat bertumpuknya nota pemesanan
terutama pada saat ramai pengunjung, juga kesalahan pencatatan akibat
sulitnya membaca tulisan tangan.
Berdasarkan pertimbangan ketersediaan teknologi
dan tingkat kebutuhan transaksi
dalam hal kecepatan, efisiensi dan
kepraktisan dalam memesan makanan serta
meminimalisasi kesalahan
petugas maka dapat memanfaatkan pemilihan mobile
device/handphone untuk salah satu
pengembangan aplikasi selain lebih
mudah dalam
pengoperasiannya, sifat dari
handphone yang fleksibel menjadi salah satu alasannya. Penggunaan mobile yang
di sambungkan ke server dapat mengirimkan data pesanan ke
bagian kasir dan bagian
dapur rumah makan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana membangun
suatu aplikasi yang dapat
melakukan pengelolaan pemesanan
makanan di restoran cepat saji?
2.
Bagaimana mengatur
ketidakurutan pesanan akibat bertumpuknya
nota pemesanan yang masih bentuk
tulisan tangan kemudian dirubah implementasi pemesanan nya
ke dalam bentuk penggunakan mobile?
C.
Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi cara kerja
pemesanan pada Rumah Makan
Dapur Kita yang akan dibuat
memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
- Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan kebutuhan customer dan pelayanan.
- Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
- Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita.
D.
Modul Pengembangan
- Modul informasi tentang pelayanan.
- Modul proses pemesanan makanan.
E.
Keuntungan Pengembangan Sistem
Manfaat dari sistem ini adalah
sebagai berikut :
- Memudahkan customer dalam pemesanan makanan.
- Efektif dalam menghemat waktu.
- Tidak terjadi kerangkapan data pemesanan.
F.
Waktu Pelaksanaan Proyek
Kegiatan
dan waktu pelaksanaan
|
Okt
1 23 4
|
Nov
1 2 3 4
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Analisis Kebutuhan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Design fungsi
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemograman
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengujian
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Instalasi
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelatihan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemeliharaan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dokumentasi
|
G.
Rancangan Biaya Sistem Informasi
Proses pembayaran dilakukan pertama
kali dengan DP sebesar 50% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya
setelah pembayaran DP selesai maka, kami akan mengerjakan aplikasi sistem
informasi cara kerja pemesanan pada Rumah
Makan Dapur Kita. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa
pembayaran harus segera dilunasi kemudian kami akan langsung melakukan
pengistalan aplikasi.
Adapun rincian biayanya sebagai
berikut :
1. Biaya
persiapan
Tipe Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga Satuan ( Rupiah
)
|
Software
|
PhoneGap
SQL Lite
Dreamwaever CS6
|
500.000
-
500.000
|
JUMLAH
|
1.000.000
|
2.
Biaya Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya ( Rupiah )
|
1
|
Analisis kebutuhan
|
700.000
|
2
|
Design Fungsi
|
600.000
|
3
|
Pemograman
|
1.000.000
|
4
|
Pengujian
|
250.000
|
5
|
Instalasi
|
200.000
|
6
|
Pelatihan
|
150.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
400.000
|
8
|
Dokumentasi
|
300.000
|
9
|
Transportasi
|
150.000
|
Jumlah
|
3.750.000
|
3.
Biaya Keseluruhan
Biaya
Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan
= Rp
1.000.000 + Rp 3.750.000
= Rp
4. 750. 000
H.
Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang
paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi
untuk merealisasikan cara kerja pemesanan pada Rumah
Makan Dapur Kita, akan ditempuh dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
1. Analisis
Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan
indentifikasi data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu cara kerja
pemesanan pada Rumah Makan
Dapur Kita. Sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan
efesiensi dan keputusan.
2. Desain
Fungsi
Perancangan aplikasi,
tahap ini adalah tahap dengan melakukaan perancangan struktur menu, menggunakan
struktur navigasi dan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan kemudian membuat rancangan tampilan dalam proses
pembuatan cara kerja pemesanan pada Rumah
Makan Dapur Kita.Dapur Kita.
Melakukan coding untuk
merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah
baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga
Aplikasi yang dibuat.
3. Pengujjian
Tahap uji coba dan Implementasi,
pada tahap ini akan dilakukan uji coba untuk menggunakan
aplikasi smartphone. Instalasi
Mengganti dan menempatkan sistem
atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil
dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
4. Pelatihan
Sebelum aplikasi program
dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak
bertanggung jawab melatih costumer atau pemilik Dapur Kita yang hendak
mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga
berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak
menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
5. Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa
selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga
tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang
telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala
yang berarti.
6. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri
dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang
dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi
kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
I.
Sumber Daya Manusia
Untuk melaksanakan proyek perangkat
lunak “cara kerja pemesanan pada Rumah
Makan Dapur Kita” disiapkan SDM 5 orang dengan peran
rangkap seperti dalam tabel di bawah ini.
No
|
Nama
|
Peran
|
1
|
Sherra
Adianty. S
|
Koordinator
tim, Dokumentasi
|
2
|
Rio
Rizkijandi
|
SDM
Studi Kelayakan, Programer
|
3
|
Kartika
Eka Putri
|
SDM
Studi Kelayakan, Pemeliharaan
|
4
|
Nicodemus
Kurniawan
|
Programer,
Desain Fungsi
|
5
|
Auda
Indah. R
|
Testing,
Dokumentasi
|
J.
Penutup
Demikian proposal penawaran ini
kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk membuat
sistem informasi cara kerja pemesanan pada Rumah Makan Dapur Kita
untuk mempermudah dalam pelayanan pemesanan makanan. Kami sangat mengharapkan
paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai
dengan harapan bersama.
0 comments:
Post a Comment