Saturday 3 May 2014

Bandara Ekstrem di Nepal

Bandara Lukla memang lain daripada yang lain. Bandara ini terkenal sebagai bandara terpendek dan tertinggi di dunia. Lokasi bandara ini terletak di kota Lukla, distrik Solukhumbu, Nepal Timur. Bandara ini ternyata terletak di pegunungan Himalaya dan berada di ketinggian 2.700 meter diatas permukaan laut.
Padahal panjang dan lebar landasan ini hanya 450 meter dan 20 meter. Tentunya sangat pendek jika dibandingkan dengsan landasan bandara yang lainnya. Inilah alas an mengapa bandara ini dikatakan sebagai bandara tertinggi dan terpendek di dunia.



Sejak tahun 2008, bandara Lukla berganti nama menjadi Hillary Tenzing. Nama ini dipakai untuk menghormati pendaki puncak Everest yaiut Tenzing Norgay dan Edmund Hillary. Mereka adalah orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak gunung Everest. Selain itu mereka juga ikut membantu dalam pembuatan bandara ini.


Bandara ini juga ternyata tidak dilengkapi dengan alat bantu pendaratan atau Aerodrome Flight Information Service (AFIS). Alat ini berfungsi untuk membantu pilot dalam melakukan pendaratan dan penerbangan. Karen tidak ada AFIS, pilot-pilot harus bisa melakukan perhitungan yang tepat saat mendarat atau lepas landas. Mereka tidak boleh sedikit pun melakukan kesalahan. Kalau sampai salah perhitungan pesawat ini bisa terperosok ke dalam jurang. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More